Uncategorized

Ayo Cari Tahu! Tentang Popok Kain (Cloth Diaper – Clodi)

By December 8, 2016 No Comments
Pemenang GG Photo Contest

 

Yuk, Memilih Clodi!

Untuk Ayah-Bunda yang sedang menanti kedatangan buah hati, maupun yang sudah bersama dengan sang bayi. Beragam kebutuhan buah hati menjadi perhatian orang tua untuk dipenuhi, diantara kebutuhan utama yang perlu menjadi perhatian adalah popok.

Popok, beragam jenis popok saat ini tersedia di pasar, secara garis besar popok dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu popok sekali pakai (disposable diaper) dan popok kain (cloth diaper). Popok sekali pakai adalah popok yang setelah dipakai kemudian dibuang, ada banyak ragam merek dengan berbagai bentuk dan aksesoris. Demikian pula halnya popok kain, atau juga banyak dikenal dengan clodi (cloth diaper).

Dalam memilih clodi, ada baiknya kita mengenal jenis-jenisnya dulu, secara garis besar berdasarkan bentuk dan desainnya dibedakan menjadi; Flat & Pre-folded Diaper; Fitted Diaper; Pocket Diaper; All in One Diaper; All in Two Diaper.

Hal yang penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan, sebagaimana kita memilih pakaian, tentu berbagai bahan yang digunakan menyesuaikan merek maupun bentuk yang ditawarkan. Untuk model tertentu terdapat ukuran yang disesuaikan dengan peruntukan bagi bayi sesuai ukuran dan beratnya. Guna memberikan yang terbaik bagi buah hati, tentu ada baiknya kita memilih clodi dengan sebaik-baiknya, dengan kemudian mengacu pada kemampuan keuangan kita untuk memperolehnya, artinya; kita bisa cari yang murah, tetapi jangan sampai murahan.

Dalam memilih bahan misalnya; pahami bahwa ada 3 bagian utama bahan yang sebaiknya mempunyai keunggulan;

(1) bagian anti air yang menjadi penahan bocor,

(2) bagian yang menjaga kulit bayi tetap kering, dan

(3) bagian yang memiliki daya serap tinggi.

Perlu diperhatikan bahwa produk clodi buatan Indonesia tidak kalah berkualitas dengan merek buatan luar negeri, walaupun disisi harga produk buatan Indonesia jauh lebih murah. Tetapi hati-hati juga dengan produk yang memang harganya sangat murah, tetapi kualitasnya rendah, baik buatan Indonesia maupun luar negeri. Jangan sampai, gara-gara memilih acuan harga murah, tetapi mendapatkan clodi murahan, sehingga berakhir di gudang tak terpakai, karena bahan dan desain yang buruk. Lebih buruknya lagi, hal itu menjadi acuan dan menyamaratakan bahwa produk clodi adalah buruk, padahal belum mengetahui secara keseluruhan ragam bentuk, desain dan merek.

Sama dengan berbagai pilihan dalam berpakaian, hendaknya dalam memilih clodi dilakukan dengan bijak dan penuh kesadaran, dengan mengetahui informasi yang memadai, bertanya dan saling berdiskusi dengan berbagai pihak. Untuk mendapat pilihan clodi yang sesuai dengan kebutuhan sang buah hati.

Berbagai komunitas dan forum yang membahas clodi cukup banyak, baik di Indonesia maupun di berbagai negara lainnya. Untuk itu ada baiknya Ayah-Bunda mengikuti komunitas dan forum tersebut guna mendapatkan informasi sebaik-baiknya.

Leave a Reply